Jumat, 04 Oktober 2013

lilin lilin kecil - Chrisye




Jika gitar  akustik berada dalam pelukan James F Sundah, maka D adalah kunci kesukaannya. Melalui keampuhan kunci D inilah ia bersenandung menulis lagu ciptaannya yang kelak dikenal sebagai “Lilin Lilin Kecil”. Saat itu James ditemani adiknya Linda yang membantu mewujudkan lirik. “Linda memang ahli dalam urusan puisi. Dia banyak andil member gagasan tema”, jelas alumnus Arsitektur Universitas Tarumanegara ini. “Ketika  menulis lagu ini saya berhasil menemukan harmoni yang unik yaitu ketika terjadi perpindahan dari kunci D ke kunci F”, papar James.
Lagu “lilin lilin Kecil” yang di populerkan Chrisye ini memang di persiapkan James untuk mengikuti ajang Lomba Cipta Lagu Remaja 1977 yang di gagas Radio Prambors Rasisonia Jakarta. Dan ternyata “Lilin lilin Kecil” berhasil  masuk 10 besar atas penilaian Dewan Juri yang di ketuai Keenan Nasution dan meraih Juara Harapan II. Tapi diluar dugaan ketika ke-10 hasil LCLR 1977 itu dikasetkan oleh pihak Prambors, lagu itu yang memperoleh respons bagus dari pendengar. Sekali lagi oleh Prambors, lagu itu di dapuk sebagai Tembang Tersayang LCLR 1977. Secara simbiolisme mutualisme, “Lilin lilin Kecil” juga merupakan kereta bagi Chrisye menapak jenjang ketenaran. Chrisye adalah “Lilin lilin Kecil”, begitu juga sebaliknya.
Saking ngetopnya lagu yang digurat James F Sundah ini, di tahun 1977 – 1978 lagu “Lilin lilin Kecil” telah di bawakan pula oleh Gerenimo II, dan Arie Koesmiran, serta secara instrumental oleh Alex Faraknimella hingga Yockie Suryoprayogo. “Hingga pada tahun 2009 lagu ini tersebut telah dibawakan dalam sekitar 50 versi, termasuk di antaranya dibawakan oleh  Blue Diamonds, group asal Belanda maupun Victor Wood dari Filipina,” ungkap James F Sundah. Lalu apa makna di balik lirik “Lilin lilin Kecil”? Liriknya sebetulnya bertutur tentang keprihatinan saya melihat teman teman saya yang jatuh dalam ujian. Tetapi disisi lain muncul kontradiksi betapa generasi yang lebih tua malahan memperoleh karier yang menanjak. (rolling stones)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar