Senin, 14 Oktober 2013

Neraka Jahannam - Duo Kribo




Album Duo Kribo vol 1

Ada dua faktor yang menyebabkan lagu ini berhasil mencuri perhatian. Pertama, sosok Achmad Albar dan Ucok Harahap, sama sama kribo dan terkenal. Kedua , temanya sangat akrab di telinga manusia sejagat. Siapa tak pernah mendengar kisah Adam dan Hawa? Dari anak anak kecil hingga orang dewasa rasanya pasti hafal di luar kepala. Maka  terlepas dari urusan komposisi lagu, “Neraka Jahannam” sudah mengantongi modal  utama sebagai karya yang mudah di serap lapisan masyarakat. Tak perlu edukasi untuk dapat mengambil saripati bagaimana peristiwa dosa pertama di muka bumi ini terjadi.
Rhythm section yang groovy sekaligus bernuansa dance merupakan  kekuatan sentral lagu ini. Jika saja vocal yang terdengar bukan milik seorang Achmad Albar, “Neraka Jahanam” dengan mudah akan terperosok sebagai karya pop standar. Notasinya demikian sederhana hingga member keleluasan kepada siapapun yang ingin mendaur ulang. Ingat saja bagaimana Yovie & Nuno berhasil menerjemahkan ulang dengan hasil nyaman dan enak didengar. Sedang Boomerang membuatnya jadi sangat garang.
Sebagai catatan, Duo Kribo juga berhasil mencetak salah satu hit paling legendaries sepanjang sejarah industri music, yakni “Dunia Panggung Sandiwara”, yang aslinya berasal dari soundtrack film dan sukses ketika dibawakan kembali masing masing oleh Achmad Albar dan Nicky Astria dengan judul “Panggung Sandiwara” (rolling S)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar