Kamis, 31 Oktober 2013

Melati Dari Jaya Giri - Trio Bimbo



Album Trio Bimbo 1971

Lagu “Melati Dari Jayagiri” karya Iwan Abdurrahman berada pada urutan kedua muka A piringan hitam Trio Bimbo 1971 yang dirilis oleh Fontana Singapore pada tahun 1971. Sebuah lagu bernuansa sejuk dan mnyeret imajinasi pendengar  kea lam lingkungan yang ramah dan bersahabat.
“Melati dari Jaya Giri/ Ku terawang keindahan kenangan/Hari hari lalu di mataku/Tatapan di mataku/ Tatapan yang lembut penuh kasih”.
Lagu ini tampaknya menjadi landmark lagu lagu bercorak folk ballad yang dikumandangkan Sam, Acil dan Jaka. Atmosper melodi sunda yang lirih jelas tertangkap dalam notasi lagu ini. Tak heran jika menyimak lagu ini secara utuh akan menyembul landskap lereng Gunung Tangkuban Perahu serta rimbunnya hutan pinus yang menyelimuti kawasan Jayagiri. Namun ada sedikit yang mengganjal jika menelaah lirik lagu ini. Kenapa? Karena di sekitra Jayagiri justru tidak tumbuh melati.
“Melati di lagu ini hanya merupakan symbol saja. Melambangkan kabnggaan, keagungan dan keharuman,” urai Iwan Abdurrachman, yang sehari harinya memang dekat dengan suasana  alam.
Bagi Iwan Abdurrachman, lagu “Melati dai Jayagiri” bukanlah sebuah lagu cinta seperti yang bnayak ditafsirkan secara harafiah. Iwan Abdurrachman  yang kerap dipanggil Abah Iwan ini menyebut lagu ini justru memendam filosofi  spiritual, melukiskan kehidupan alam dan cercahan harapan menanti esok hari di tengah gelapnya malam. Sebuah makna yang dalam (rolling)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar